Potensi Desa

  • Mar 06, 2024

1. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam di Desa Lampuyang Kecamatan Teluk Sampit Berdasarkan hasil pengkajian keadaan desa masih banyak potensi sumber daya alam yang belum dimanfaatkan secara optimal sebagai bahan/ material mendukung pembangunan sarana prasarana desa memenuhi prinsip swakelola, yaitu memaksimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di desa.

2. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia di Desa Lampuyang Kecamatan Teluk Sampit merupakan salah satu faktor pedukung pembangunan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pelaksanaan pembangunan desa.

3. Sumber Daya Pembangunan

Sumber Daya pembangunan adalah seluruh hasil pembangunan yang ada di desa yang mendukung pelaksanaan pembangunan secara efektif dan efisien. Pada Desa Lampuyang Kecamatan Teluk Sampit adanya banyak sumber daya pembangunan seperti sarana prasarana umum, sarana pemerintah desa, sarana prasarana instansi yang ada di desa maupun sarana prasarana pembangunan dari pihak swasta.

4. Sumber Daya Lembaga

Kelembagaan Desa merupakan sarana bagi masyarakat desa untuk berorganisasi dan mendukung pelaksanaan pembangunan desa. Kelembagaan yang ada di Desa Lampuyang Kecamatan Teluk Sampit : Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa, RT, RW, PKK,  Karang Taruna, Linmas, BUM Desa, Mantir Desa,  Kader Posyandu, Kelompok Tani, Organisasi Kesenian, Lembaga Keagamaan dan lembaga-lembaga lainnya.