KEGIATAN IBU PKK DALAM PERAYAAN HUT RI KE 71 TAHUN 2022 DESA LAMPUYANG KEC. TELUK SAMPIT, KAB. KOTAWARINGIN TIMUR

  • Dec 21, 2022
  • Admin Lampuyang

LOMBA PEMANFAATAN PEKARANGAN IBU PKK

TANAMAN TOGA (TANAMAN OBAT KELUARGA) 

 

 

TOGA adalah tanaman oabatan herbal yang dimanfaatkan dari jaman dulu baik itu merupakan rempah-rempah yang sering kita jumpai di dapur dan non rempah namun bisa kita jumpai di pekarangan dan jua di alam liar.

Sejak zaman dahulu tanaman obat secara turun temurun kerap kali digunakan sebagai bahan alami guna mengatasi berbagai jenis penyakit dan dijadikan pula sebagai tanaman obat keluarga. Hal itu ditunjukan oleh sejumlah penemuan salah satunya yaitu kitab lontar yang berisi mengenai berbagai ilmu pengobatan yang telah dilakukan oleh orang-orang terdahulu.

Terutamanya di Indonesia, tanaman obat keluarga atau yang bisa disingkat TOGA ini dikenal juga dengan apotik hidup. Dimana, apotek hidup adalah tanaman yang ditanam di area sekeliling rumah, halaman rumah yang ditempatkan dalam pot maupun ditanam pada sebuah kebun luas dengan berukuran kecil. Hal ini dilakukan oleh para pemilik guna memenuhi kebutuhan obat-obatan herbal keluarga.

Terdapatnya apotik hidup yang tidak jauh dari tempat tinggal Anda, tentunya akan sangat bermanfaat dan memudahkan Anda untuk digunakan sebagai obat tradisional yang memiliki sifat dapat mencegah maupun mengobati berbagai penyakit akut sampai kronis sekalipun. Serta juga bisa Anda gunakan sebagai bumbu pelengkap maupun menambah nilai estetika bila tertanam secara tertata dan rapi.

Manfaat dari kegiatan ini adalah menyadarkan masayarakat untuk menerapkan hidup sehat serta kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan SDA dan SDM yang tersedia, terutama pada ibu - ibu TP.PKK Desa Lampuyang, dari apa yang kita tahu para ibu rumah tangga merupakan sosok pondasi dan tiang keluarga, kalo tidak ada para ibu-ibu yang berjasa pada setiap rumah tangga makan akan adanya rumah angga yang terbengkalai.

sekian dan terimakasih, semoga berkenan dihati para pembaca