KEGIATAN POSYANDU MELATI 01 BULAN JULI 2023 DI DESA LAMPUYANG

  • Jul 14, 2023
  • Admin Lampuyang

Kegiatan rutin Posyandu Melati 01 Bulan Juli di Balai Desa Lampuyang  yang di  setiap bulan di  tanggal 15 wilayah rt 01,02,03,04,05,012 yang di laksanakan di Aula  Balai Desa Lampuyang adapun Posyandu Melati 02 Seranggas  untuk wilayah rt 06,07,08,09,010,011 dilaksanakan setiap tanggal 20 di rumah Salah Satu  kader posyandu .  Posyandu memberikan layanan Penimbangan, Mengukur Tinggi Badan,  Imunisasi kesehatan ibu hamil  dan balita, Mengukur  tinggi fundus dan detak jantung janin Serta memberikan  gizi tambahan.

Adapun Kegiatan nya meliputi :

1. Penimbangan Balita dan Ibu Hamil : Penimbangan balita Dan Ibu Hamil  dilakukan tiap bulan di posyandu. Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di Buku KIA ( Kesehatan Ibu Dan Anak )   , dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

2. Mengukur tinggi badan   adalah Kegiatan untuk memantau perkembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan. Hasil pengukuran Tinggi Badan Tersebut Dicatat  Pada Buku KIA ( Kesehatan Ibu Dan Anak )    serta Berikutnya  dapat diketahui status pertumbuhan anak Tersebut

3. Imunisasi Di posyandu balita akan mendapatkan layanan imunisasi. 
Macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah 
- BCG untuk mencegah penyakit TBC.
- DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus.
- Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan.
- Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).

4. Peningkatan Gizi Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita Serta Ibu Hamil , sangat tepat untuk meningkatkan gizi. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita. Serta Memberikan BMT Pada Peserta Posyandu.

5. Mengukur  Tinggi fundus dan detak jantung janin Menunjukkan Tumbuh Dan Berkembangnya Janin Didalam Rahim. Pengukuran Tinggin Fundus Uteri Dapat Digunakan Untuk Menentukan Usia Kehamilan Dan Perkembangan Janin.