KEGIATAN SOSDALKAR PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KARHUTLA

  • Jul 11, 2023
  • Admin Lampuyang

Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan karhutla  dilaksanakan dalam rangka menanggulangi kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kecamatan Teluk Sampit hususnya Desa Lampuyang , kemampuan dan kesiap sediaan masyarakat dalam upaya pencegahan serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan . Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada hari kamis , 6 juli  2023 di Aula Kantor Desa Lampuyang Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur

Kegiatan Tersebut Dihadiri Oleh Kepala Desa Lampuyang Bpk. Muksin,S.Pd, Damang Kecamatan Teluk Sampit Bpk. Syahrul Huda, Bhabinkamtibmas, Ketua Rt 1 ( Satu ) Sampai Dengan  12  (dua belas ) ,  Rw 1 ( Satu ) sampai Dengan 3 ( Tiga )  Anggota BPD Serta Anggota Kelompok MPA  Desa Lampuyang, kegitan Tersebut  dibuka oleh Perwakilan Dari Kecamatan Teluk sampit Bpk. Andreas Gatot

Kemudian dilanjutkan materi-materi peran kph dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla, . Materi-materi tersebut disampaikan oleh Kepala seksi perlindungan, KSDAE dan Pemberdayaan Masyarakat ( Wibisonon, sp ), dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Dwi Apriandoko,S.Hut )

Masyarakat sangat antusias mengikuti acara sosdalkar  pencegahan dan penanggulangan Karhutla  ditandai dengan adanya pertanyaan terkait pencegahan kebakaran hutan.

Mengenai Kebakaran Hutan Dan Lahan yang disebut Karhutla adalah suatu Peristiwa Terbakarnya Hutan dan / atau Lahan, Baik Secara Alami Maupun oleh Perbuatan Manusia, Sehingga Mengakibatkan Kerusakan Lingkungan Yang Mengakibatkan Kerugian Ekologi, Ekonomi, Sosial Budaya Dan Politik.

Pencegahan Karhutla Adalah Semua Usaha, tindakan Atau Kegiatan Yang Dilakukan Untuk Mencegah atau Mengurangi Kemungkinan Terjadinya Kebakaran Hutan  Dan Lahan.

Penanggulangan Karhutla, Meliputi : Seleksi dini, Pemadaman Awal, Koordinasi Pemadaman, Mobilisasi Pemadaman, Pemadaman Lanjutan, Demobilisasi Pemadaman, Evakuasi dan Penyelamatan.

DESA LAMPUYANG, 6 JULI 2023