Mobil Ambulance Untuk Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pemerintahan Desa Lampuyang Membeli Dari APBDes Tahun Anggaran 2023

  • Oct 06, 2023
  • Admin Lampuyang

lampuyang –dalam peningkatan Kualitas pelayan masyarakat di bidang Kesehatan dan Pelayan yang Prima maka Pemerintah Desa Lampuyang, Kecamatan teluk sampit   memanfaatkan Dana Desa Tahun 2023 untuk membeli 1(satu) unit mobil Ambulance.

“Dengan menggunakan anggaran dana desa untuk membeli  mobil Ambulance ini merupakan kepedulian Pemdes  Lampuyang kepada Masyarakat, khusunya dibidang kesehatan

Dari Hasil  Usulan masyarakat agar ada mobil angkutan khusus untuk melayani kebutuhan kesehatan, Seperti kebutuhan untuk berobat, membawa yang sakit, mau melahirkan dan meninggal dunia,” ujar Rahmat Selaku sekdes Desa Lampuyang  .

Dengan memiliki mobil Ambulance diharapkan nantinya mempermudah keperluan masyarakat ditingkat kesehatan . Mengingat jarak tempuh desa dengan RSUD MURJANI  cukup jauh.

“Dengan adanya mobil Ambulance Desa ini tidak sulit lagi untuk mencari transportasi layanan kesehatan bagi masyarakat, nanti akan Siagakan Ambulance dan Sopirnya yang siap siaga 24 jam, untuk melayani masyarakat. Yang membutuhkan, baik itu dalam keadaan darurat atau untuk rawat jalan ke rumah sakit tidak repot lagi menunggu kendaraan ,” ucap sekdes rahmat.

Sementara itu kader posyandu dan posbindu mengatakan dengan adanya bantuan ambulan yang dari anggarn dana desa sangat membantu terutama untuk membantu persalinan yang ada dilampuyang dan dapat mempermudah kader apabila ada kegiatan di luar desa lampuyang seperti pelatihan kader, kegiatan posyandu balita dan posbindu lansia yang ada di seranggas “ endang lestari “

Dari pihak kesehatan setempat sangat bersyukur dengan adanya bantuan mobil ambulance desa lampuyang dapat membantu dalam kegitan kesehatan yang memerlukan transportasi, sementara itu sangat membantu ibu-ibu hamil yang akan bersalin. Sehingga tidak ada lagi kasus kematian pada ibu dan bayi karna keterlambatan pertolongan medis serta dapat meningkatkan persalinan difaskes persalinan yang sudah disediakan, serta mempermudah masyarakat desa lampuyang apabila ada yang harus di rujuk ke RSUD. Ujar Bidan Emi.

“Pembelian Ambulance ini memang hasil musyawarah mufakat bersama BPD,dan Masyarakat, untuk keperluan operasional pelayanan kesehatan dan mudah-mudahan manfaatnya akan terus bisa dinikmati masyarakat,” Muhammad rifa’i.