PEMBERSIHAN SALURAN IRIGASI SEKUNDER DAN TERSIER MELALUI SWADAYA MASYARAKAT MENGGUNAKAN ALAT BERAT EXAVATOR

  • Aug 22, 2023
  • Admin Lampuyang

Dikarenakan Pendangkalan dan pengendapan jalur irigasi cukup tinggi. Masyarakat desa lampuyang hususnya wilayah Rt.005 Rw 002 jl. Usaha tani sei bujur melakukan swadaya masyarakat, dengan  urunan swadaya masyarakat sebanyak 70 anggota kelompok tani yang membayar Rp.300.000 per orang  s/d Rp.600.000 per orang dapat terkumpul senilai Rp.30.000.000 untuk pembersihan area tersier  dan area sekunder pembayaran  Sewa excavator .  membersihkan saluran irigasi tersier diharapkan saluran dapat menormalisasi aliran air dan meminimalisir tingkat luapan air yang mengakibatkan kebanjiran pada daerah pertanian sei bujur desa lampuyang.

Dengan melakukan pengerukan di Normalisasi jaringan irigasi di saluran sekunder sei bujur , Saluran Sekunder sepanjang 4000 meter dan Tersier 1100 meter . Desa Lampuyang Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur .
melalui pengerukan menggunakan excavator maka petani akan lebih terbantu dalam merawat saluran air. dan sebagai upaya untuk mengembalikan keadaan saluran yang saat ini penuh dengan sedimen/waled yang mengakibatkan pengendapan , pengurangan ketercakupan volume air yang mengalir, berpotensi mengakibatkan banjir akibat luapan air yang mengalir dan terganggunya aliran air irigasi menjadi normal lagi sesuai fungsinya yaitu dengan kegiatan pengerukan sedimen/waled yang ada di sepanjang saluran irigasi
Dengan adanya normalisasi irigasi ini, diharapkan saluran irigasi lancar dan terbebas dari banjir ketika memasuki musim penghujan.