SYUKURAN PANEN PADI SAWAH KELOMPOK TANI SETIA KAWAN III DESA LAMPUYANG

  • Jun 05, 2023
  • Admin Lampuyang

Syukuran panen padi sawah varietas INPARI 32 Kelompok Tani Setia Kawan III Desa Lampuyang (Rabu,31/05/2023), di tempat lokasi anggota kelompok yaitu (Bapak ARUN). Yang mana telah di hadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, Camat Teluk Sampit, BPP Teluk Sampitt, Kapospol Teluk Sampit, Danpos Ramil Teluk Sampit, Dan Kepala desa dari Kecamatan Teluk Sampit( Kades Lampuyang,Kades Hujung Pandaran, Kades Kuin Permai, Kades Regei, Kades Sawang, dan Kades Parebok).

setelah dalam dua tahun terakhir ini pesta panen raya di tunda dan di tiadakan, di karenakan lahan para petani mengalami kebanjiran dan terendam air dan juga menurunnya penghasilan akibat gagal panen, dikarenakan terserang penyakit yang mengakibatkan gagal petani tersebut ujar " MUKSIN, S.Pd. selaku Kepala Desa Lampuyang. yang mana panen raya ini akan di adakan syukuran 1 tahun 1 kali.

Dikarenakan lahan pertanian yang terendam kurang lebih 3500 Hektar tersebut lah yang membuat para petani menunda acara ini pada tahun trakhir para petani juga mengalami keterurukan yang sama karena lahan mereka terserang hama penyakitt berupa hama wereng dan penyakit lainnya, padi mereka menguning pada minggu kedua setelah tanam dan ada juga yang terserang hama walang sangit pada bulan kedua yang mana padi sudah ada yang mulai berbuah susu, dan mennjadi rusak.

Semoga saja tahun yang akan datang akan di adakan lagi, dan penghasilan para petati juga meningkat, lanjutnya